Friday, April 4, 2014

Perkiraan Biaya Persalinan 2014

Sebenernya sebelum tulisan ini, udah banyak postingan-postingan yang tertunda dan hanya teronggok di dalem folder "draft" karena belum punya waktu lebih untuk ngedit foto-foto nya hehe. Tapi gapapa deh, i'll keep you updated later about it. Kali ini saya mau sekedar sharing aja mengenai info persalinan di RS Hermina Galaxy, calon tempat melahirkan anak pertama kami nantinya.

Hari ini usia kandungan kami memasuki 30 minggu dan kami bahkan belum membahas lebih lanjut mengenai persalinan nantinya, rasanya terlalu menggampangkan mengingat biaya persalinan kami yang di cover oleh kantor. Baru sibuk melakukan pergerakan sana-sini untuk mencari info ke kantor masing-masing mengenai asuransi karena suami ada rencana mau move out dari kantor yang sekarang, yah walaupun belum pasti tapi kan kita tetep harus berencana, toh? hehe. Kalau dipikir-pikir sih disayangkan juga kalau suami harus move out sebelum babynya lahir, karena asuransi dari kantor beliau mengcover 100% biaya persalinan, ya of course di kelas tertentu sih, tp kan tetep aja lumayan bangeeet dibandingkan dengan asuransi (ya lebih tepatnya jaminan kelahiran sistem reimburse) dari kantor saya yang "cuma" mengcover 90% biaya persalinan karyawannya.

Maafin ketidakpuas-an saya ya yang menambahkan kata "cuma" di kalimat saya sebelumnya. Setelah dipikir ulang emang harga melahirkan itu luar biasa banget gilanya! Saya yang sebelumnya menggampangkan poses persalinan (dulu maunya ceasar aja biar gampang dan ga sakit), tapi sekarang saya jadi sangat pro normal begitu tahu harga persalinan secara c-section atau operasi ceasar itu harganya luar biasa menguras kocek dan efek persalinannya yang lebih lama daripada melahirkan secara normal. Meskipun yaa Wallahu a'lam nantinya bagaimana tapi saya tetap penuh pengharapan kalo nanti inshaaAllah bisa melahirkan anak pertama kami secara normal.

Diluar kalimat-kalimat ketidakpuasan saya sebelumnya, saya sebenarnya merasa bersyukur banget walaupun biaya persalinan saya "cuma" di cover 90% dibanding tidak sama sekali dan harus mengeluarkan dari kocek kami sendiri (baca: tabungan investasi tempat tinggal). Walaupun harapannya normal, tapi kami juga harus berpikir untuk kemungkinan-kemungkinan ter-"mahal"nya. Berikut perkiraan harga persalinan di RS Hermina Galaxy, saya attach juga perkiraan harganya untuk RS Hermina Bogor dan Pasteur (thanks to Cacan & Raisa for the estimated price info) sebagai pembanding untuk bumil-bumil sekalian ya..

Estimasi Biaya Melahirkan RS Hermina Galaxy, Bekasi
Estimasi Biaya Melahirkan RS Hermina Pasteur, Bandung
Estimasi Biaya Melahirkan RS Hermina Bogor (c-section only)

Fyi aja sih, estimasi biaya-biaya diatas ini belum termasuk biaya-biaya tambahan seperti visit dokter, obat, laboratorium, paramedis, vakum, induksi, dan tindakan lainnya yang mungkin nantinya diperlukan sewatu persalinan. Untik info mengenai penampakan masing-masing kamar dan fasilitas-fasilitas yang didapatkan bisa langsung cek ke websitenya ya.

Kami akhirnya registrasi untuk di kamar kelas 1 terlebih dahulu. Yah, pengennya sih di kelas VIP tapi  berhubung kami belum tau kondisi kandungan nantinya pas jelang persalinan jadi ya kami pilih di kelas 1 saja dulu, itupun sudah terhitung upgrade kelas dari yang ditanggung oleh asuransi atau perusahaan. Untuk registrasi ini, kami mendapatkan beberapa benefit yang cukup lumayan (karena kursus-kursus seperti ini tidak bisa di claim ke kantor hehe), diantaranya:
1. Free 2x senam hamil
2. Free 2x kursus prenatal
3. Free 2x konsultasi laktasi (before and after birth)
4. Discount 15% pemeriksaan laboratorium di trisemester III
5. Free 1x senam nifas
6. Free 2x kursus pijat bayi (sampai dengan usia 3 bulan)
7. Free 1x massage payudara

Well, seandainya aja melahirkan itu murah, ditanggung pemerintah, atau ada tuh yang namanya musim hujan duit, atau kali aja ada yang jual bibit pohon duit? haha ngarep.com sih ini di siang bolong! Pusing ya liat angkanya tapi ya gimana lagi namanya buat anak (apalagi anak pertama) apapun pasti akan diusahakan mati-matian oleh orangtuanya kan? Bismillah for the best and keep on believing kalo yang namanya anak pasti membawa rejekinya masing-masing. Semangaaat dan semoga bermanfaat! :)



No comments:

Post a Comment